Breaking
Loading...
Home » , , » CHORD MINOR

CHORD MINOR

Bagian C: Kord-Kord Dasar Minor

E Minor

Kamu telah menguasai kord Gmajor, Cmajor, dan Dmajor. Pada materi kali ini, kamu akan belajar jenis kord baru, yaitu kord minor. Istilah "major" dan "minur" digunakan untuk mendeskripsikan bunyi kord. Pada dasarnya, kord major bunyinya gembira, sementara kord minor cenderung sedih. Kebanyakan lagu berisi gabungan dari kord major dan kord minor.

Mulai dengan kord yang paling mudah, yaitu E minor. Memainkan kord ini hanya menggunakan 2 jari tanganmu saja. Letakkan jari kedua pada fret kedua di dawai kelima. Lalu letakkan jari ketiga di fret kedua dawai keempat. Genjreng semua dawai. Kamu baru saja memainkan kord Eminor.
Seperti latihan sebelumnya, latihlah dirimu sendiri untuk meyakinkan bahwa kamu memainkan kord tersebut dengan tepat. Mulai dari dawai keenam, petiklah tiap dawai satu per satu. Pastikan tiap not pada kord itu berbunyi dengan jelas. Jika ternyata tidak, pelajari jari-jari tanganmu yang memegang kord, lalu perhatikan masalahnya. Perbaiki penjarian tanganmu sehingga tak ada lagi masalah itu.

A Minor
Kord ini biasa digunakan pada lagu. Memainkannya tidak terlalu sulit. Letakkan jari keduamu pada fret kedua dawai keempat. Lalu letakkan jari ketigamu pada fret kedua dawai ketiga. Terakhir, letakkan jari pertamamu pada fret pertama dawai kedua. Genjreng mulai dawai kelima ke bawah. Hindari memainkan dawai keenam. Lagi-lagi, pastikan masing-masing dawai berbunyi dengan jernih/jelas.

D Minor
Pada pelajaran pertama, kamu sudah tahu bagaimana memainkan kord Dmajor. Pada pelajaran ini, kamu akan belajar bagaimana memainkan kord Dminer. Entah kenapa, para gitaris pemula merasakan kesulitan mengingat-ingat cara memainkan kord ini. Hal ini dimungkinkan kurangnya berlatih. Oleh karena itu, kamu perlu berusaha keras untuk mengingat-ingat kord Dminor yang akan kamu pelajari sekarang.
Letakkan jari pertamamu pada fret pertama dawai pertama. Lalu letakkan jari keduamu pada fret kedua dawai ketiga. Terakhir, letakkan jari ketigamu pada fret ketiga dawai kedua. Sekarang genjrenglah mulai dari dawai keempat ke bawah.
Lagi-lagi, cek apakah kord berbunyi dengan jelas. Perhatikan kord Dminor. Pastikan kamu cuma memainkan dawai keempat ke bawah (dawai keempat, ketiga, kedua, & pertama saja). Selamat berlatih!
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This

Share/Bookmark


 
Copyright © 2014. whiempy | Distributed By My Blogger Themes | Designed By OddThemes