Breaking
Loading...

BUKIT JAMUR BUNGAH

Bukit Jamur Bungah terletak di Dusun Kaliwot Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Untuk menuju ke bukit jamur, dari kota gresik menuju ke barat melewati jalur pantura, setelah melewati jembatan sungai bengawan solo sembayat akan di jumpai pertigaan Bungah. Dari pertigaan ini belok kiri mengikuti petunjuk ke DUKUN, sekitar 1kiloan di sisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah. Setelah masuk gang lurus saja sampai mentok ada pertigaan belok kiri dan tinggal ikuti jalan maka bukit jamur sudah kelihatan di sisi kanan jalan.
Rute dari Surabaya: setelah masuk gapura selamat datang kota Gresik ketemu perempatan Galangan ambil lurus, ketemu perempatan Sentolang belok kiri ketemu perempatan Kebomas belok kanan ketemu perlimaan Sukorame ambil lurus sampe perempatan Pasar Gresik belok kiri(melewati Ramayana) lurus terus ikuti jalur pantura ini sampai sekitar 10kiloan. Sekitar 1 kiloan setelah melewati jembatan sungai Bengawan Solo desa Sembayat ketemu pertigaan Bungah belok kiri mengikuti petunjuk ke DUKUN, selanjutnya ikuti petunjuk rute yang pertama yang saya tulis di atas.
Bukit jamur ini sebenarnya bekas galian tambang kapur yg sudah lama di tinggalkan dan mengalami erupsi pada bagian bawah batu,di mana bagian bawah batu teksturnya lebih rapuh dr pada bagian atas.
Batu jamur atau Mushroom Rock adalah salah satu fenomena alam yang terjadi karena batuan terkikis oleh angin atau air hujan yang menyebabkan bentuk batu menjadi mirip jamur. Batu jamur biasa terbentuk di daerah yang kering. Proses pembentukannya disebabkan oleh angin atau disebut proses Eolian. Angin membawa material pasir yang berukuran kecil kemudian mengikis batu yang lebih besar, proses ini dinamakan Deflasi.
Pada batuan 'jamur' ada bagian atas dan bagian bawah. Material batuan yang terletak di bagian atas lebih keras daripada material batuan yang di bawah, oleh karena itu material batuan di bawah lebih mudah terkikis oleh angin atau hujan. Dengan demikian menghasilkan tiang tegak seperti batang jamur. Mushroom Rock biasanya terjadi di daerah yang kering (arid) seperti gurun. Mushroom Rock juga dapat terjadi di daerah pantai, tapi terbentuknya bukan oleh angin melainkan karena ombak atau disebut proses Marin.


BUKIT JAMUR BUNGAH

more info :
whiempy 081333183380 WhatsApp LINE BBM 53FADDC7
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This

Share/Bookmark


 
Copyright © 2014. whiempy | Distributed By My Blogger Themes | Designed By OddThemes