Breaking
Loading...

PANTAI MODANGAN

PANTAI MODANGAN

Pantai Modangan

lokasi : Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur route : dari Malang, Kepanjen, Sumbermanjing Kulon/Pagak (persimpangan jalan) Donomulyo. 1.Perempatan Pasar Binangun kita belok ke kanan terus mengikuti jalan hingga bertemu pertigaan kalo lurus menuju Pantai Jolosutro kalo ke kiri ke Wates. Disini kita ambil arah ke kiri terus hingga ketemu perempatan pasar Wates. Di perempatan pasar wates ini kita berbelok ke kanan terus hingga mentok dan bertemu pertigaan, pertigaan ini ada di desa tugu rejo kita belok ke kiri sekitar 100 meter dan bertemu pertigaan lagi itu belok kanan. Nah inilah jalan menuju Pantai Modangan. 2. Dari Kepanjen terus ke arah Bendungan Sengguruh hingga melewati pertigaan Pagak, kemudian mengambil arah menuju Kecamatan Donomulyo. Dari pertigaan setelah pasar Donomulyo langsung ambil arah kanan atau menuju arah Wates (Blitar). Jalannya sudah beraspal mulus sepanjang sekitar 1 km. Sekitar 2 km sebelum masuk Desa Sumberoto aspalnya mulai berlubang-lubang. Tidak jauh dari gerbang masuk Desa Sumberoto ada sebuah pertigaan Pasar Ngeluh. Dari sini Anda harus berbelok ke arah kiri dan mengikuti jalan desa hingga menemukan perempatan Jalur Lingkar Selatan (JLS) dan Pos Jaga Kehutanan ( Pos Miri ) . kemudian mengikuti JLS sekitar 1,5 km dengan medan turunan . Sebelum jembatan Miri ada jalan menurun ke kiri, itu adalah jalan untuk menuju Pantai Modangan. Jarak dari jembatan ke lokasi pantai masih sekitar 800 m lagi. jarak : dari Malang 69 km map : http://wikimapia.org/18617236/Pantai-Modangan
Untuk menuju ke pantai ini cenderung lebih mudah jika dituju dari arah Donomulyo, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang bisa mengambil arah ke Kepanjen. Dari Kepanjen terus ke arah Bendungan Sengguruh, lalu melewati pertigaan Pagak kemudian mengambil arah menuju Kecamatan Donomulyo. Dari pertigaan setelah pasar Donomulyo langsung mengambil arah kanan atau menuju arah Wates (Blitar). Jalannya sudah beraspal mulus sepanjang sekitar 1 km. Sekitar 2 km sebelum masuk Desa Sumberoto aspalnya mulai berlubang-lubang. Tidak jauh dari gerbang masuk Desa Sumberoto ada sebuah pertigaan Pasar Ngeluh, lalu berbelok ke arah kiri dan mengikuti jalan desa yang awalnya masih beraspal rusak. Dan setelah menemukan perempatan Jalur Lingkar Selatan dan Pos Kehutanan Miri. itu kita bisa mengambil jalan lurus atau kanan dan menurun kurang lebih 1,5 km hingga bertemu jembatan Miri. Sebelum jembatan ada pertigaan belok kiri menurun di bawah jembatan dan 800 m sampai di Pantai Modangan.
Nama Modangan berasal dari pemberian pasukan Pangeran Diponegoro yang pernah tinggal di sana. Setelah berakhirnya Perang Diponegoro banyak pasukannya yang menyembunyikan diri di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Pantai Modangan menjadi pilihan berlindung karena lokasinya memang cukup terisolasi. Ketika itu, sekitar tahun 1850-an, ratusan orang yang bersembunyi melakukan makan bersama di hutan yang berada di bibir pantai. Berawal dari makan-makan bersama itulah, akhirnya mereka menamakan pantai tersebut dengan “modangan” berasal dari kata madang. Ini adalah bahasa Jawa lama yang berarti makan bersama-sama.





PANTAI MODANGAN





PANTAI MODANGAN





PANTAI MODANGAN





PANTAI MODANGAN
PANTAI MODANGAN


more info :
whiempy 08133383380 WhatsApp LINE BBM 53FADDC7
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This

Share/Bookmark


 
Copyright © 2014. whiempy | Distributed By My Blogger Themes | Designed By OddThemes