Breaking
Loading...
Home » , » DAWAI TERBUKA

DAWAI TERBUKA

Sedikit bicara teknis dulu sebelum berlanjut ke kord-kord dan lagu-lagu berikutnya. Jangan khawatir, materi kali ini cuma butuh beberapa menit untuk mengingatnya.

Setiap not pada gitar memiliki nama, yang diwakili dengan huruf. Mengenal nama tiap not itu penting. Sebagai gitaris perlu mengetahui bagaimana menentukan not-not pada gitarnya, agar mampu membaca musik.
Ilustrasi/gambar di ata menunjukkan nama-nama dari 6 dawai terbuka pada gitar (istilah "dawai terbuka" berarti dawai yang dipetik tanpa ditekan pada fretnya).

Dawai yang dimulai dari yang keenam sampai yang pertama (dari dawai yang paling tebal sampai dawai yang paling tipis) memiliki nama E, A, D, G, B dan E (lagi). Jadi dawai yang paling tebal, yang paling dekat dengan wajahmu adalah dawai E. Di bawahnya, dawai A. Di bawahnya lagi, dawai D. Dan seterusnya.
Mainkan dawai sambil mengucapkannya dengan cukup keras, satu per satu. Dari atas ke bawah, kemudian ke atas lagi. Begitu seterusnya sampai hafal. Dan apabila kamu sudah merasa cukup menghafalnya, cobalah mainkan dawai secara acak (tidak urut) dan cobalah untuk menyebutkan namanya secepat yang kamu bisa. Bila hal ini benar-benar sudah kamu kuasai, akan lebih mudah mempelajari materi tentang nama-nama not pada fret-fret gitar. Oleh karena itu, mohon kuasai nama-nama dawai terbuka ini terlebih dahulu sampai kamu benar-benar menghafalnya. Selamat berlatih!
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This

Share/Bookmark


 
Copyright © 2014. whiempy | Distributed By My Blogger Themes | Designed By OddThemes