Breaking
Loading...
Home » » MEMEGANG GITAR

MEMEGANG GITAR

 CARA MEMEGANG GITAR

Setelah mengenal bagian-bagian gitar, sekarang saatnya untuk memainkannya. Duduklah di kursi yang tak berlengan. Kamu harus duduk dengan nyaman. Jangan membungkuk, karena punggungmu akan sakit, dan akan menghasilkan cara yang buruk dalam posisi bermain gitar.
Selanjutnya, ambil gitar, dan peganglah sehingga bagian belakang tubuh gitar bersentuhan dengan perut/dada, dan bagian bawah dari neck gitar segaris lurus dengan lantai. Dawai gitar yang paling tebal harus yang paling dekat dengan wajahmu, sementara yang paling tipis dekat dengan lantai. Kalau tidak demikian, kamu perlu mengubah posisi gitarmu, yang berarti terbalik posisinya. Biasanya, orang yang tidak kidal akan memegang gitar dengan gagang gitar mengarah ke kiri, sementara orang kidal akan memegang gitar dengan gagang gitarnya mengarah ke kanan. Ingat, bila kamu bertangan kidal, kamu butuh gitar khusus untuk orang-orang kidal.
Saat bermain gitar sambil duduk, tubuh gitar akan berpangku pada paha. Kebanyakan gaya bermain gitar, gitar akan berpangku pada kaki, jauh dari gagangnya. Ini berarti orang yang memain kan gitar secara normal (tidak kidal), akan menaruh gitarnya di kaki kanan, sementara orang kidal akan menaruh gitarnhya di kaki kiri. (Catatan: teknik gitar klasik meminta gaya kebalikannya, tapi untuk pelajaran ini, ikuti saja petunjuk yang ada).
Berikutnya, perhatikan tangan kamu yang ada di gagang gitar. Ibu jari tanganmu harus bersandar di belakang gagang gitar, dengan jari-jari tepat di depan fret gitar. Tetaplah begitu, kecuali ada instruksi yang lain.

MEMEGANG PICK GUITAR

Sekarang saatnya kamu mengambil pick gitar. Bila belum memiliki, belilah. Jangan cuma 1, tapi 10 sekalian, karena barang tersebut mudah hilang. Pick gitar tidaklah mahal. Kamu bisa mencoba berbagai bentuk dan ukuran, tapi sangat disarankan untuk memilih yang medium sebagai pemula


Guitar Pick






Berikut ini akan dijelaskan bagaimana memegang dan menggunakan pick. Perhatikan, tangan yang memegang pick adalah tangan yang dekat dengan bridge gitar.

Bukalah tanganmu yang akan dipakai untuk memegang pick, lalu hadapkan telapak tangan di depan wajahmu. Menggenggamlah tapi jangan terlalu kuat. Ibu jarimu tetap di samping jari telunjuk. Putar tanganmu itu sampai terlihat seperti gambar di samping.

  • Dengan tangan satunya, sisipkan pick gitar di antara ibu jari dan jari telunjuk. Pick harus berada di belakang buku jari dari ibu jarimu.
  •  Ujung pick harus berbalik arah dengan kepalan tanganmu, dan menonjol sekitar setengah inci. Pegang pick dengan kuat.
  • Posisikan tanganmu yang memegang pick di atas lubang tubuh gitar, atau di atas tubuh gitar elektrikmu. Tanganmu yang memegang pick, harus berada di atas dawai.
  • Jangan menempelkan tanganmu yang memegang pick di dawai gitar atau di tubuh gitar.
  • Gunakan pergelangan tangan untuk melakukan gerakan, jangan seluruh tangan atau lenganmu. Petik dawai keenam (yang paling bawah) dengan garakan turun. Jika suara dawai terdengar berderak, cobalah memetik dengan lebih lembut, atau gunakan sedikit ujung pick gitar.
  • Sekarang petik dawai keenam dengan gerakan ke atas.
  • Ulangi beberapa kali. Cobalah untuk meminimalkan gerakan pada tanganmu: petikan pendek ke bawah, lalu petikan pendek ke atas. Latihan ini disebut sebagai "memetik berselang-seling".
  • Cobalah latihan ini pada dawai kelima, keempat, ketiga, kedua, dan kesatu.
Tips:
  1. Memegang pick dengan cara tersebut akan terasa kaku saat pertama kali. Kamu harus memperhatikan tanganmu yang memegang gitar kapanpun kamu memainkan gitar.
  2. Cobalah dan perlancar teknik memetik berselang-seling tersebut. Petikan ke bawah harus sama suaranya dengan petikan ke atas.
Tuning (Menyetem Gitar)

Sebelum bermain gitar, kamu perlu menyetem gitarmu terlebih dahulu. Masalahnya, menyetem gitar tidaklah mudah bagi pemula. Jika kamu mengenal orang yang bisa bermain gitar, mintalah dia untuk menyetem gitarmu terlebih dahulu. Atau kamu bisa membeli guitar tuner yang harganya relatif tidak mahal.
Jika pilihan di atas tidak sesuai dengan keadaanmu saat ini, jangan khawatir. Kamu bisa belajar menyetem gitar, dan dengan kesabaran dan berlatih secara rutin, kamu akan bisa melakukannya.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This

Share/Bookmark


 
Copyright © 2014. whiempy | Distributed By My Blogger Themes | Designed By OddThemes