Breaking
Loading...
Home » , , » STEM GITAR

STEM GITAR

Mungkin hal yang paling membuat frustasi dalam bermain gitar pada awalnya nampak mustahil memainkan sesuatu yang sebenarnya suaranya bagus. Memang benar, butuh waktu untuk mempelajari tehnik yang dibutuhkan dalam memainkan lagu dengan baik, namun alasan utama kenapa kebanyakan gitaris amatir menghasilkan bunyi yang buruk dikarenakan gitarnya yang tidak stem. Berikut ini tutorial menyetem gitar. Perlu banyak latihan untuk menguasainya.

Seberapa Sering Menyetem Gitar?

Kamu harus menyetem gitar setiap kali kamu memainkannya. Gitar, terutama yang murahan, cenderung menjadi sumbang dengan cepat. Pastikan gitarmu dalam kondisi stem ketika kamu akan memainkannya, dan cek sesering mungkin saat kamu berlatih, karena memainkan gitar akan menyebabkan gitar itu sendiri menjadi sumbang.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyetem Gitar?

Pada awalnya, kamu perlu waktu 5 menit atau lebih untuk menyetem gitar. Tapi semakin sering atau semakin kamu mengenal bunyi dawai, semakin cepat kamu melakukannya. Banyak gitaris yang dapat menyetem dengan cepat dalam waktu sekitar 30 detik.


Mari kita berlatih proses menyetem gitar.

Untuk memulai menyetem gitar, kamu butuh "nada pembanding" dari sumber lain. Sekali kamu menemukan sumber untuk nada pertama (bisa jadi dari piano, garputala, gitar lain, atau sumber lainnya), kamu akan bisa menyetem alat musik lainnya dengan satu nada tersebut.

CATATAN: 

Tanpa nada pembanding, kamu bisa menyetem gitar, dan bunyinya juga bagus. Namun ketika kamu mencoba memainkannya dengan alat musik lain, bisa jadi bunyinya akan tidak selaras. Agar bisa berinteraksi dengan alat musik lain, menyetem sendiri tidaklah sukup. Kamu perlu menyakinkan bahwa bunyi nada E pada gitarmu sama persis dengan yang lain. Dengan demikian, kamu butuh nada pembanding yang standard.

STEP 1: 
Menyetem dengan Piano

Jika ada piano, kamu bisa menyetem dengan nada E rendah yang ada di piano itu.

Lihat tombol kunci hitam pada papan piano seperti terlihat pada gambar di atas. Perhatikan ada 2 kunci hitam, dan kunci putih tambahan, lalu 3 kunci hitam dan 1 kunci putih. Pola ini berulang-ulang sepanjang papan piano/keyboard. Kunci putih sepanjang papan setelah 2 kunci hitam adalah nada E. Mainkan nada itu, dan stem gitarmu pada dawai E rendah. Perlu diperhatikan bahwa nada E yang kamu mainkan di piano bisa jadi tidak sama oktafnya dengan dawai E rendah pada gitarmu. Jika nada E yang kamu mainkan di piano terdengar terlalu tinggi, atau lebih rendah dari dawai E rendah pada gitarmu, coba mainkan nada E yang lain pada piano itu, sampai kamu menemukan satu yang lebih dekat dengan dawai terbuka keenam.

Sekarang kamu sudah menyetem dawai keenam. Mari berlanjut berlatih bagaimana menyetem dawai-dawai lainnya.

Menyetem Dawai-Dawai Lainnya

Setelah dawai keenam sudah stem, kamu perlu menyetem dawai-dawai lainnya berdasar dawai keenam yang sudah stem itu. Dengan menggunakan sedikit teori dasar musik, mari kita lihat bagaimana caranya.

Nama-nama dari enam dawai terbuka, yaitu E A D G B dan E (lebih lanjut akan dibahas pada pelajaran lain, termasuk bagaimana menghitung dawai dan menemukan nada-nada pada dawai). Dengan nada-nada itu ditemukan seperti bagan di atas. Nada E pada dawai terbuka keenam, dan pada dawai yang sama di fret kelima, akan ditemukan nada A. Lewat nada A pada dawai keenam di fret kelima tersebut, kamu bisa menyamakan bunyinya dengan dawai kelima terbuka. Bila dawai kelima sudah disetem dengan dawai keenam, saatnya kamu menyetem dawai keempat. Tekan dawai kelima di fret kelima (nada D) dan samakan dengan dawai keempat terbuka (sama sekali tidak menekan dawai keempat). Samakan bunyinya. Begitu seterusnya sesuai dengan bagan di atas.

Bila belum jelas, perhatikan langkah-langkah lengkapnya berikut ini:

Langkah-Langkah Menyetem Gitar

1. Pastikan dawai keenam sudah tersetem. Gunakan nada pembanding pada audio player di atas.
2. Mainkan dawai keenam di fret kelima (A), lalu stem dawai kelima terbuka (A) sampai bunyinya sama.
3. Mainkan dawai kelima di fret kelima (D), lalu stem dawai keempat terbuka (D) sampai bunyinya sama.
4. Mainkan dawai keempat di fret kelima (G), lalu stem dawai ketiga terbuka (G) sampai bunyinya sama.
5. Mainkan dawai ketiga di fret keempat (B), lalu stem dawai kedua terbuka (G) sampai bunyinya sama.
6. Mainkan dawai kedua di fret kelima (E), lalu stem dawai pertama terbuka (E) sampai bunyinya sama.

Tips Menyetem

Seringkali gitaris baru mengalami kesulitan menyetem gitar. Berlatih mendengar nada-nada dan menyetemnya, membutuhkan banyak latihan. Berdasarkan pengalaman, ada beberapa pembelajar yang tidak bisa dengan mudah mendengar 2 nada, dan menentukan mana yang lebih tinggi atau mana yang lebih rendah. Mereka cuma tahu bahwa kedua nada tersebut tidak sama bunyinya. Jika kamu memiliki masalah yang sama, cobalah yang berikut ini:

Dengar dan mainkan nada pertama. Pada saat nada masih berbunyi, cobalah menggumam menirukan bunyi nada tersebut. Lanjutkan memainkan nada itu sampai kamu berhasil menyamakan nada itu dengan suaramu. Berikutnya, mainkan nada kedua, dan lagi, bergumamlah menirukan nada tersebut. Ulangi lagi, mainkan dan tirukan nada pertama dengan gumamanmu, dan tanpa berhenti, berlanjut ke nada kedua. Apakah suaramu turun atau naik? Jika suaramu turun, maka nada kedua lebih menurun. Jika suaramu naik, nada kedua pun lebih naik. Aturlah nada kedua, sampai keduanya berbunyi sama.

Kelihatannya memang seperti latihan yang aneh, tapi latihan ini seringkali bisa membantu masalah di atas. Dengan cepat kamu akan bisa mengenal perbedaan nada tanpa menirukan bunyinya dengan gumamanmu.

Semoga latihan ini bisa membantu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sangatlah penting menyetem gitar tiap kali kamu memainkan alat musik tersebut. Hal ini tak sekedar membuat bunyi gitarmu kedengaran lebih bagus, tapi pengulangan menyetem akan membuatmu bisa menaklukkan dengan cepat bagaimana cara menyetem gitar. Selamat berlatih.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This

Share/Bookmark


 
Copyright © 2014. whiempy | Distributed By My Blogger Themes | Designed By OddThemes