Breaking
Loading...
Home » » NOT MUSIC

NOT MUSIC

MEMAINKAN NOT MUSIC

Sekarang saatnya berlatih sesungguhnya! Agar menjadi terampil bermain gitar, kamu perlu membangun otot-otot tanganmu, dan belajar merenggangkan jari-jemarinya.

Not musik cara yang bagus, meski bukan cara yang menyenangkan untuk melakukannya. Sebelum mulai, lihat diagram di samping kiri untuk memahami bagaimana mengidentifikasi jari-jemari pada fret (jari-jari tangan yang memainkan nada pada gagang gitar). Ibu jari disebut "T", jari telunjuk adalah "jari pertama", jari tengah merupakan "jari kedua", dan seterusnya.




The Chromatic Scale (Not Musik Kromatik)

Diagram di samping nampak membingungkan. Jangan khawatir, diagram tersebut adalah salah satu metode yang paling umum digunakan untuk menjelaskan not-not pada gitar, dan sebenarnya cukup mudah dibaca. Diagram itu merupakan paparan dari gagang gitar. Garis vertikal di sebelah kiri adalah dawai keenam. Garis di sebelah kanannya adalah dawai kelima. Dan seterusnya. Garis-garis horisontal pada diagram tersebut mewakili fret pada gitar. Rongga di antara garis horisontal paling atas dan yang di bawahnya adalah fret pertama. Rongga di antara garis horisontal kedua dari atas dan yang di bawahnya adalah fret kedua. Begitu seterusnya. Angka "0" di atas diagram menandakan dawai terbuka (sama sekali dawai tidak ditekan oleh jari). Dan yang terakhir, titik-titik warna hitam menunjukkan not-not yang harus dimainkan.

Mulailah menggunakan pick gitar untuk memainkan dawai keenam terbuka. Berikutnya, gunakan jari pertamamu untuk diletakkan di fret pertama pada dawai keenam. Lakukan tekanan yang cukup kuat pada dawai, lalu petik dawai dengan pick gitarmu.

Sekarang gunakan jari kedua, letakkan di fret kedua pada gitar (kamu bisa melepas jari pertama dari fret pertama), dan mulai memetik dawai keenam dengan pick.
Lalu ulangi proses yang sama pada fret ketiga dengan menggunakan jari ketigamu. Dan yang terakhir, pada fret keempat, gunakan jari keempatmu. Nah, kamu telah memainkan semu not pada dawai keenam! Sekarang berpindah ke dawai kelima. Mulailah memainkan dawai terbuka, lalu mainkan fret pertama, kedua, ketiga dan keempat.

Proses ini berulang-ulang untuk tiap dawai, kecuali hanya dawai ketiga. Pada dawai ketiga, mainkan hanya sampai pada fret ketiga. Bila kamu telah memainkan semuanya sampai pada dawai pertama, kamu telah menyelesaikan latihan ini.

Tips
  • Saat memainkan not, letakkan jarimu di "atas fret" (wilayah yang jauh dari headstock). Cara ini akan menghasilkan bunyi yang jernih.
  • Cobalah menggunakan teknik picking berselang-seling (naik-turun) ketika melakukan latihan ini. Namun jika kesulitan, cobalah hanya petikan turun saja, tapi belajarlah secara tepat agar terbiasa dengan not musik itu.
  • Ketika kamu selesai melatih semuanya, cobalah bermain mundur, di mulai dari dawai pertama, fret keempat, dan memainkan semua not dengan susunan terbalik.
  • Bila urutan terbalik pun sudah cukup trampil, lakukan berulang-ulang, maju-mundur, dari awal lalu kebalikannya, begitu seterusnya, sampai benar-benar menguasainya dengan baik sebelum mengikuti latihan berikutnya.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This

Share/Bookmark


 
Copyright © 2014. whiempy | Distributed By My Blogger Themes | Designed By OddThemes