Breaking
Loading...
Home » » CHORD DASAR

CHORD DASAR

 MEMAINKAN KORD DASAR

Meski berlatih not-not kromatik pada latihan sebelumnya memberikan manfaat besar, misalnya          melemaskan otot-otot jari tangan, akan tetapi secara jujur latihan tersebut tidak menyenangkan. Kebenayakan orang suka bermain kord (kunci) pada gitar. Memainkan sebuah kord perlu menggunakan pick gitarmu memetik paling tidak 2 not secara bersamaan. Berikut ini kord yang paling umum dan mudah dimainkan pada gitar.

Memainkan Kord G Major

Diagram di samping menunjukkan kord yang akan kamu mainkan pada latihan ini, yaitu kord G major (sering disebut "kord G" saja). Gunakan jari keduamu dan letakkan pada fret ketiga di dawai keenam. Berikutnya, gunakan jari pertamamu dan letakkan pada fret ketiga di dawai keenam. Yang terakhir, gunakan jari ketigamu pada fret ketiga di dawai pertama. 


Pastikan semua jarimu melengkung dan tidak menyentuh dawai-dawai lain, kecuali yang sudah disebutkan. Sekarang dengan menggunakan pick, petik semua dawai dalam satu gerakan. Not-not harus berbunyi semua secara bersamaan, tidak satu per satu (tapi biasanya perlu banyak berlatih untuk membunyikan seperti itu). Bagus! Sekarang lihat apa yang telah kamu lakukan. Pada saat jari-jari tangan masih dalam posisi kord G itu, mainkan tiap dawai dimulai dari dawai keenam. Pastikan bahwa tiap dawai berbunyi dengan jernih tanpa mengubah posisi jari-jari tangan yang pada posisi kord G. Jika ternyata bunyinya tidak jenih/jelas, perhatikan tangan dan jarimu, kenapa bisa demikian. Apakah kamu menekannya cukup keras? Apakah salah satu jari-jarimu yang lain menyentuh dawai itu, yang menghambat bunyi bisa kedengaran sebagaimana mestinya? Semua pertanyaan itu adalah alasan yang paling umum kenapa not tidak berbunyi dengan baik. Jika kamu mengalami masalah ini, kamu memang mengalami masalah yang biasa terjadi pada pemula, dan biasanya ini adalah hasil dari posisi jari yang buruk ketika menyentuh fret gitar. Untuk mencoba dan mengatasi masalah ini, perhatikan ibu jari pada tanganmu yang memegang gagang gitar. Mari kita pelajari bersama.

Beginilah contoh posisi yang salah dalam memainkan kord gitar. Perhatikan ibu jari bersandar pada bagian atas papan fret. Cara ini mengubah keseluruhan posisi jari menyentuh fret.
  • telapak tangan menyentuh bagian belakang gagang gitar - mengurangi gerakan dan kelenturan.
  • jari-jari rata ketika memainkan not pada dawai keenam dan kelima - jari-jari mungkin secara tidak sengaja menyentuh dawai yang tidak semestinya disentuh, yang menyebabkan bunyi tidak jelas atau malah tidak bunyi sama sekali.

Perlu diperhatikan nantinya, kamu sebenarnya boleh menggunakan ibujarimu berada penuh pada gagang gitar seperti gambar di atas untuk membunyikan not di fret dawai keenam. Kamu           mungkin juga pernah memperhatikan beberapa gitaris favoritmu memegang gagang gitar dengan cara yang sama seperti gambar di atas. Bisa jadi posisi ini efektif dalam situasi tertentu, tapi posisi ini membuat proses latihanmu bermain gitar akan lebih sulit. Hindari dulu untuk saat ini.
Beginilah cara yang tepat memegang gagang gitar. Ibujari harus menempel (bukan menekan) di tengah bagian belakang gagang gitar. Posisi jarimu harus melengkung, sehingga jari menyentuh dawai pada sudut yang tepat dan tidak menyentuh dawai lain yang tidak semestinya disentuh, sehingga bunyi akan terdengar jelas/jernih.



Jika kamu masing bermasalah dengan dawai yang tidak berbunyi dengan jelas, cobalah mencari solusinya. Misalnya, jika kord Gmajor yang kamu mainkan tidak berbunyai dengan jelas, mainkan tiap dawai satu per satu, dan perhatikan dawai mana yang tidak berbunyi dengan baik. Lalu perhatikan kenapa dawai tidak berbunyi dengan baik. Apakah kamu tidak menekan dawai dengan cukup keras? Apakah salah satu jarimu tidak cukup melengkung, sehingga menyentuh dawai lain?Apakah jari yang tak dipakai memegang dawai menyentuh fret/dawai? Saat kamu menemukan masalah itu, cobalah untuk memperbaikinya satu per satu. Mungkin saja masalah yang sama kana terjadi ketika kamu memainkan kord itu. Perhatikan dan kuasailah dengan baik.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This

Share/Bookmark


 
Copyright © 2014. whiempy | Distributed By My Blogger Themes | Designed By OddThemes